MODIFIKASI SEDERHANA YAESU FT180A ( up date 23/10/2010 )

Sudah beberapa tahun  salah satu koleksiku  Yaesu FT180A tidak saya pergunakan alias hanya saya taruh aja di rak radio ( buat hiasan kali ha ha ha ha )

Yaesu FT180A ini sudah saya modifikasi bekerja pada 3 Band 80M, 40M satunya dulu masih ramainya berorong orong ria di 10Mc setelah itu saya rubah di 11Mc. Sekarang hanya tinggal unit radionya saja dan oscilator lokalnya sudah pada berantakan. Setelah saya amat amti kok sayang kalo radio tersebut tidak diaktifkan lagi walopun untuk local oscilator cuma vfo doang asal dah bisa di pakai monitor rekan2 qso, dan sekalian bagi2 informasi mengenai modifikasi dari radio ini tentunya untuk local oscilator terserah rekan mau memakai system apa. Saya sudah mencobanya beberapa oscilator lokal untuk Yaesu FT180A ini. Dan dengan sedikit penjelasan ini saya berharap teman2 amatir dapat memodifikasi sendiri Yaesu FT180A nya etung2 biar bisa modifikasi sendiri radionya asikkan kalo bisa modifikasi sendiri untuk ascesories yang lain bisa dilihat pada blok teman amatir yang lain tentang modifikasi Yaesu FT180A seperti blognya OmCholis YD1CHS, Om Putut YD3DKP dari kediri dan lain2.

SYSTEM PENYUNTIKAN OSCILATOR LOKAL UNTUK YAESU FT180 A

  • Dua Band VFO ( cara yang seperti ini yang paling mudah dan murah )
  • Dengan Heterodyne Frekwensi Oscilator ( HFO ) yaitu pencampuran Frekwensi dari VFO dengan Oscilator Kristal seperti pada homebrew dua band saya dengan IF 10.7 Mc
  • PLL TC9122 Sytem sama dengan mempergunakan HFO hanya frekwensi VFO kita dapatkan dari frekwensi PLL
  • Memanfaatkan PLL dari Radio CB 27 Mc yang sudah tidak dipakai system juga tidak beda jauh dengan yang diatas.
  • Memanfaatkan HT 2 meteran dari Icom IC2N ( mahal dan sayang masalahnya radionya masih bisa dipakai mojok )

Menurut saya ada beberapa persyaratn dalam memodifikasi radio ini / radio tipe komersial, tidak hanya Yaesu FT180A saja

KRITERIA – KRITERIA YANG HARUS DIPENUHI DALAM MEMODIFIKASI RADIO KOMERSIAL

  • Radio yang akan kita Modifikasi harus dalam keadaan masih dapat bekerja dengan normal baik TX / RX
  • Tersedianya Band Pass Filter untuk dapat bekerja pada frekwensi yang akan kita kerjakan
  • Tersedianya Low  Pass Filter untuk dapat bekerja pada frekwensi yang akan kita kerjakan
  • Apabila kedua seperti point diatas ( Band Pass Filter / Low Pass Filter ) tidak ada berarti kita harus membuatnya sendiri. catatan untuntuk Yaesu FT180A kebetulan untuk Low Pass Filter sudah tersedia dan bekerja pada Frekwensi mulai 2 Mc s/d 18 Mc untuk Band Pass Filternya belum tentu tergantung kita dapat radio tersebut awalnya dikerjakan pada frekwensi brapa ?
  • Harus mengetahui  bagian – bagian dari radio tersebut mana bagian AF Amplifier, bag. Modulator, bag. IF unit baik TX atau RX, RF Unit  baik TX atau RX, bag. RF PA. dan bagian Low Pass Filter
  • Juga harus mengetahui sitem perkabelan daripada masing2 unit agar radio tersebut bisa bekerja dengan maksimal.
  • Tentunya harus mempunyai alat pendukung untuk mengerjakan proyek terseut, Harus ada AVO meter tentunya, RF Meter, SWR Meter, Frekwensi Counter kalo saya pinjam ke temen lokal masalahnya saya gak punya he he he he, dan juga kita harus mempunyai Skema dari radio tersebut ( jangan kuatir teman kita punya skema manual  dari radio tersebut scan dari buku sory Yaesu ha ha ha ha. anda bisa download di halaman File skema dan manual : Yaesu FT180A

Block Diagram Yaesu FT180A

BEBERAPA HAL TENTANG MODIFIKASI YAESU FT180A :

  • Pertama kali kita mendapatkan radio tersebut biasanya bekerja pada USB karena padaYaesu FT180A pemindaham mode LSB / USB yaitu pada cristal filternya pada umumnya hanya ada satu kristal filter yang bekerja untuk USB disitu ada dua cuma yang satu untuk cristal filter mode AM , Ada dua cara agar dapat bekerja di LSB pada 80M dan 40M band pertama oscilator Lokal dikerjakan di bawah frekwensi IF pada Yaesu FT180A yang sering kita dapatkan If  TX atau RX bekerja pada 10.7 MC LSB dengan  Perhitungan Contoh di 80m band bekerja pada frekwensi 3.8mc s/d 3.9mc adalah 10.7mc – 3.8mc = 6.9mc ( Frekwensi VFO untuk  frekwensi bawah ) 10.7mc – 3.9mc = 6.8mc ( Frekwensi VFO untuk frekwensi atas ) Kesimpulan dari perhitungan diatas untuk dapat bekerja pada frekwensi 3.8mc s/d 3.9mc oscilator lokal frekwensi yang diperlukan adalah antara 6.8mc s/d 6.9mc demikian juga perhitungan tersebut juga berlaku untuk bekerja di 40m band untuk bekerja pd frekwensi 7.0mc  s/d 7.2mc frekwensi VFO yang diperlukan adalah 3.5mc s/d 3.7mc. Dengan range frekwensi pada kisaran seperti diatas baik untuk 80m atau 40m tidak terlalu sulit kita membuatnya seperti tuliasn saya sebelumya Dua Band VFO tetapi untuk VFO tersebut kestabilannya masih kurang memuaskan tetapi sudah cukup lumayan untuk dipergunakan QSO singkat seperti pada event contest, mudah2an dengan penjelasan sederhana ini bisa dimengerti
  • Dengan memodifikasi BFO ini kita lakukan apabila ingin megerjakan radio tersebut untuk dapat bekerja dengan mode LSB / USB dengan mempergunakan cristal flter USB bawaan asli dari yaesu FT180A, frekwensi BFO pd yaesu ft180a adalah sekitar 10.7 mc dengan frekwensi cristal filter yang terpasang adalah 10.698475 MHz frekwensi BFO adalah 10.7 Mc ( 10.700000 Mc ) pada Mode USB  agar bisa bekerja pada mode LSB frekwensi BFO harus kita turunkan sekitar antara 1.5 Kc sampai 2.2 Kc dibawah dari frekwensi cristal filteryaitu sekitar ( 10.696400 Mc ), pada rangkaian BFO di skema yaesu FT180A kita memanfaatkan bagian clarifier BFO  tsb menjadi fix pada frekwensi yang dibutuhkan. Dengan system Modifikasi BFO seperti ini Frekwensi lokal Oscilator dikerjakan diatas IF 10.7Mc dengan perhitungan 10.7Mc + Frekwensi kerja = frekwensi Local Oscilator contoh di 80M ………3.8Mc + 10.7Mc = 14.1Mc begitu juga di 40M band untuk cara yang seperti ini Lokal Oscilator kita buat dengan sisitm HFO ( Heterodyne Frekwensi Oscilator ) untuk rangkaian bisa dilihat pada Posting saya yang dahulu mengenai Homebrew Dua Band dengan IF 10.7Mc dengan menggunakan VFO, PLL atau rangkaian VXO (Variable Freqwensi Oscilator yang kita mixing dengan Oscilator Cristal sesuai dengan band frekwensi yang kita inginkan.
  • Band Pass Filter bisa dipakai dari bawaan radio tersebut tinggal di coba dengan memperkecil nilai capasitor pararel dengan trafo nya ( kalo untuk pada band 80m masih bisa tetapi untuk band diatas 80m kita masih mengurangi beberapa lilit dari trafo tsb ).
  • Yang perlu kita pahami dari masing2 blok radio tsb adalah 1. RF unit dimana kita harus memeprhatikan pada frekwensi berapa dia bekerja ( dengan melihat frekwensi kristal yang terpasang ingat disitu yang tertera adalah frekwensi kerja bukan frekwensi asli dari kristal tsb aslinya frekwensi kerja plus frekwensi if ) 2. Jalur Swiching  low pass filter harus sinkron dengan jalur swiching pada rf unit contoh pada chanel 1 low pas filter harus sesuai dengan frekwensi band pass filter. Itu semua bisa dipahami dengan membaca dengan teliti bagian2 tersebut pada buku naual teknisnya saya kitra tidak terlalu sulit asal kita sabar dan telaten saja pasti bisa.
  • Untuk blok dari local oscilator radio tersebut sambungan dari vcc dan out put ke rf unit kita potong dalam aertian blok local oscilator tersebut tidak di aktifkan lalu input local oscilator di rf unit kita beri input local ascilator yang akan kita pasang.

BAND PASS FILTER YAESU FT180A :

Seperti yang telah saya janjikan pada tulisan saya di atas tentang pembuatan Band Pass Filter FT180A. Sebenarnya akan saya gambar ulang dengan komputer kok hasilnya kurang bagus dari pada lama tidak saya upload maka saya poto aja dari catatan saya, mudah2an rekan – rekan bisa memahami tulisan saya he he he walaupun agak kacu kelihatannya

Klik Gambar untuk memperbesar

Untuk koker dapat kita pergunakan dari IFT 10.7Mc yang kita buang capasitornya dengan ferit biasanya berwarna Biru atau Hijau dan juga bisa kita pergunakan spoel oscilator MW biasanya dengan warna ferite Merah, buka pelan2 rumah IFT nya jangan lepas sampai kelihatan lilitan kawatnya, buang kawat tersebut pelan2 jangan sampai ferit coil ikut terlepas lalu lilit ulang sesuai dengan catatn saya baik di 80m atau 40m lalu tutup kembali .

To be Continued………………………………………….

BACK BERANDA

39 responses to “MODIFIKASI SEDERHANA YAESU FT180A ( up date 23/10/2010 )

  1. Assalamu’alaikum,
    mohon diupload juga cara bikin BPFnya Boss….termasuk jumlah Lilitan untuk tiap2 band …..nmakasiiihhhhhh.salam

  2. Ya om tunggu aja masih dalamperencanaan untuk di up load

  3. mas boleh nanya g’…
    kLo fungsi dari Junctionnya seperti J1001, J1002, J1003, dst yang ad dskema rangkaian apa ya?????
    thanks b4..

    • @ Om Rizki
      Fungsi dari J1001 dst itu junction dari rangkaian PCB RF unit BPF selektor yang berhubungan dengan Swithcing Chanel radio yang berkaitan juga dengan selektor LPF di rangkaian LOW Pas Filter.

  4. Assalamu’alaikum..
    mas boleh nanya g’…
    kLo fungsi dari Junctionnya seperti J1001, J1002, J1003, dst yang ad dskema rangkaian apa ya?????
    thanks b4..

  5. Hehehe… om Luthfi suka FT-180A juga yaa…

    Sama dong, aku juga. Radio ini emang radio legendaris buat amatir kantong cekak. Murah meriah, harga kaki lima, power dan kualitas bintang lima hehehe 😀

    Salam kenal dari yc3tkm, moga2 bisa ketemu di radio.

    BTw, mosok om Luthfi nggak punya frekuensi counter ??? Bikin dong om, wong udah canggih gitu, bisa bikin macem2 homebrew 🙂

    Biar tambah semangat ngupreknya, sekalian bikin LC Meter…

  6. Setuju om Juhar Murah meriah, harga kaki lima, power dan kualitas bintang lima. Kalo ketemu di radio pa mungkin di frekwensi om juhar, frekwensi counter sama LC meter temen lokal ada yang jarang dipakai sementara masih bisa dipinjam

  7. Salam kenal Om Luthfi,

    Setelah saya baca semua isi artikel Om Luthfi..koq saya belum menemukan Band Pass Filter buat FT 180a… mohon bantuanya Om Luthfi… berapa ukuran kawat, berapa ukuran koker, berapa gulungan yang harus saya buat dan berapa nilai C yang harus digunakan…saya membutuhkan informasi nilai BPF ini untuk bisa bekerja di 3Mhz, 7Mhz dan 11Mhz

    Terimaksih ya Om Luthfi..

    hormat saya,

    mahmudi

    • @ OM MAHMUDI
      Salam Kenal kembali Om mahmudi…. Iya entar saya Posting sendiri untuk pembuatan coil dan komponen pendukungnya
      terima kasih om mampir ke blog saya

      de….YC3LSB..Lutfi

  8. saya membutuhkan ssb homebrew mohon disebutkan maharnya.saya tahu mas lutfi bukan perakit tapi saya butuh banget pesawat itu

    • @ Om Budi Hernawan
      saya gak tahu lho om berapa ? dan saya merakitnya masing2 juga hanya satu aja om budi dan menjadi koleksi homebrew saya sekali lagi saya minta maaf kalau saya belum bisa memenuhi permintaan om budi

      wasalam
      Lutfi…..YC3LSB

  9. Dear Om Luthfi,

    Makasih banget dah posting BPFnya

    Regards,

    Mahmudi
    YD0OQW

  10. Salam kenal ,terima kasih atas dimuatnya artikel modif sederhana Yaesu ft 180 a. sangat bermainfaat bagi saya karena saya baru mau coba modif pesawat jadul tsb.
    Titip salam saya buat keluarga,sampai jumpa….73

  11. sore OM…
    nah gitu diupload gambar bikin BPF nya ,…thanks ..ya..wah tulisane pak guru…he..he…salam..73

    • Malam om Sigit, mudah2an om bisa baca tulisan homebrew saya, itu bukan tulisan guru om masalahnya saya bukan guru he he he masalah mau saya gambar pakai software kesulitan di foto aja beres he he he he selamat modif om
      wassallam
      LUTFI – YC3LSB

  12. Salam kenal om lutfi dari serang banten saya sudah download manual ft 180 A untuk menambah pengetahuan, saya sering muncul di kolong om 3.700-3.770 mode LSB masih pake home brew .Okeyy sampai ketemu kita teruskan sharing disini.

    Thanks,

    • Salam kenal kembali Om Sanusi,
      Ditunggu kabar selanjutnya untuk sharing disini om kalo saya biasanya di 3.700-3.770 mode LSB biasa pake nama Amir Blitar Om cuma akhir2 ini jarang on antena lagi ndlosor he he he he he

      trim’s Mampirnya Om LUTFI – YC3LSB

  13. selamat siang om ,,
    mudaha2ahn anda n klg sehat ,langsung aja om lutfi kalo mengatasi self osilasi ft180A bagaimana ya? enggak bisa disetting lebih dari 20 watt terjadi self osilasi,sebelunya teria kasih,

    sanusi

  14. Om lutfi
    Thanks banget infonya insyaallah saya cek lagi
    Salam buat keluarga,

    Sanusi

  15. Met siang Omm, salut dan bangga dengan apa yang saya lihat di rekaman gambar anda. wis ,… pokok e yo kuwi amatir . begini, saya mau tanya, bagaimana caranya mengatasi self ossilasi , critane dari, dari mixer, masuk ke mic radio. yang terjadi mesti self, pada sdh ngurangi di mic gain nya, atau dari mixernya. tapi rasane peka banget. saya coba lewat balance modulator rodo mendingan. kalau lewat depan kok angel ? mohon bantu omm. matur tnx u.

    • coba di by pass ke ground microphone dengan capasitor kecil 1n, atau input dan out put pre amp mic , pergunakan kabel skerm yang baik untuk microphone.

      salam LUTFI – UYC3LSB

  16. mas. maaf, saya jeffry dari aceh. Mau nanya bagaimana cara membuat converter radio cb ,superstar, cobra,colt dll. Yg di 27mhz atau 11mtr band ke 40mtr band dan ke 3.5 – 4.0mhz(80mtr band). Dan skemanya gmn jg penjelasannya .thank..

  17. salam kenal mas lutfi, saya punya ts 430 s kenwood, untuk menguatkan modulasi , saya pakai mixer beringer dua channel. tapi setelah saya pasang , mbuka volume radio 15% kalau besar sedikit terjadi self. gimana caranya agar tdk self. mohon bantuannya. tks

  18. Salam kenal oM Rizki
    Aq Hambali (yd3efl) Surabaya, juga suka 180 tapi ya gitu belum ada yang kasih apa ada yang mau kasih ya……

  19. Salam kenal juga ya. Kalau saya bisanya hanya ndleming. Haaahaaaahaa

    • Ismono…. YC3SM.

      He he he he…. salam kenal kembali om ismono …. sama saya cuman bisa ndleming doang kok …….sering dengar om di 40m band tapi saya jarang mancar antena lagi rusak om.

  20. lanjutan tulisan utk FT180 mana om?di share dong…thanks ya…

  21. yd2wrg,

    Siip …. masih belum saya upload om untuk lanjutannya …

    trim’s mampirnya

    Lutfi ……. YC3LSB

  22. om untuk meningkatkan kualitas modulasi FT 180A gi mana om biar gak medium mendemm…..

    SNS

  23. Selamat Siang om lutfi, om untuk spul/kumparan BPF FT180A misalnya T1004 dan T1005 itu identik.sama?, karena kalau lihat skema kaki2nya kedua spul tsb beda. Matur nuwun om. Radio Marto

  24. Salam kenal semuanya
    Saya juga punya FT180A tp saya ga bisa modif sendiri,ada yg bisa bantuh modifkan atau saran dimana terimakasih

  25. ass,saya punya radio ssb merk ,YAESU FT-180 MK II,HF BAND SSB TRANSCEIVER..SAYA MAU DIMODIFIKASI SUPAYA BISA MASUK DI SEMUAH CENEL..APAKAH ITU BISA..? terus dimana alamat yang harus saya dpatkan,,,,tlng dikase informasi.terima kasih.

  26. Semoga nanti ada obat FT 180A yang lagi sakit audio rx nya…..

Tinggalkan komentar