BERNOSTALGIA DENGAN SKEMA-SKEMA DARI KIT TH 80AN ( JADUL )

1. WALKIE TALKIE

Sedikit bernostalgia mengenang cerita masa lalu saat masih duduk di SMP kalo gak salah  tahun 83  masih kelas dua SMP getol getolnya dengan rangkaian ini walkie talkie tiga transistor.

Saya masih ingat betapa senangnya saya rangakaian ini bisa bekerja. Walaupun jarak jangkauan walkie talkie ini cuma beberapa ratus meter saja wuih dah bangga. Sempat tiga teman dikampung yang bermain2 walkie talkie ini

2. WALKIE TALKIE DENGAN KRISTAL

3. CB RADIO 27 MHZ

Setelah sukses dengan Walkie Talkie saya mencoba merakit 27MHZ CB Radio. Ada pengalaman yang lucu merakit CB radio ini kebalik memasang kaki kaki relay jadinya rangkaian gak bekerja malah kebakar.4. CB Radio 27MHz CB Radio

Nah kalo CB Radio yang ini rangkaiannya lebih canggih pada jamannya ( saya menganggapnya begitu ) Sistemnya sudah tdak mempergunakan relay tapi sudah menngunakan DC Switch. Itu yang saya anggapa canggih…..

5. HANDY TALKIE 27 MHZ

Kalo yang ini saya belum sempat mencobanya he he he he


BACK BERANDA

About these ads

87 responses to “BERNOSTALGIA DENGAN SKEMA-SKEMA DARI KIT TH 80AN ( JADUL )

  1. Dear OM Lutfi,

    Mantap OM, mengingatkan saya sekitar tahun-tahun < 90-an, hampir semua rangkaian diatas pernah saya buat hehehe … sampai nggak tidur, hari ini sudah dituned dengan baik, besok dituned ulang, terus menerus seperti tidak ada capek-nya, namun semuanya memberikan kepuasan dan tambahan ilmu bagi saya pribadi. Sepertinya yang belum ditampilkan rangkaian AM 80M TX, receiver pakai radio national, hehehe …

    Salut buat OM Lutfi, semangat sharing-nya luar biasa, semoga ilmunya barokah …

    Regards,
    Cholis Safrudin YD1CHS

    • Sama Om Cholis itu skema ketemu saat bersih2 ruang solder menyolder masih ngumpul di map, lha pas buka2 ingat waktu masih SMP dulu trus ada ide scan langsung di upload boat posting, pokoknya dulu kalo on air baik di 80m ato 11m yang jelas Obeng siap, transistor final siap trus Solder pasti kondisi Panas siap tonyok pasti om cholis juga gitu….? 80m am tx ada di blog saya ya buat tombo kangen sama rekan lokal kebetulan ada tiga orang di blitar yang saat ini main di 80m, bikin blog ya buat sharing ke rekan2 sehoby ya karena hoby gitu om Cholis Terima Kasih Mampirnya Om Cholis 73″

      Moh Lutfi – YC3LSB

  2. Sugeng siang, Om lutfi, saya sering iseng buka Webnya, isinya mantab2, pengennya komunikasi tp sekarang gak bisa naik Nyeplet terus, maklum skrng tinggal di RSS neng Bekasi, Om apa bener tinggal di Blitar, soale aku punya Sdr tinggal di sono juga, di Jl.Sultan Agung, Blitar. depan Ndaleme, Bp, Pres RI.I. Ir.Soekarno, (Mbah Mislan Alm),

    • Om Gendut
      Benar saya memang tinggal di Blitar tepatnya saya ada di jalan veteran kalo dari jl sultan agung kira2 sekitar dua kilo gak jauh om, kalo sodara di depan rmah bu wardoyo nenek Ir. soekarno banyak teman saya disana, mampir om kalo ke Blitar.

      salam – Lutfi

  3. om,aku masih ada cb 11meteran pake kristal sepasang 27,…. dan 26,…. selisih 455kc rakitan pakai relay kayak nya sih ok karena di trim pakai pesawat pabrikan cobra gtl 120 channel masih ada yang pakai ga sih? ( ex JZ 10 FRF )

  4. wah mantab blognya ni om… tapi saya liat gambar di atas ada sederet Perangkat RAdio Amatir dengan segelas kopi nikmatnya… hehehe

  5. waldir cardoso px 6A 6075

    gostei do segundo esquema, walkie talkie com um so cristal em tx e rx, simples e transmite em AM, que, poderia ter mais um transistor na saida de rf, o 2n 4427, ou 2n 3866, para que fosse mais longe,mais fica a criterio de cada montador, o projeto e legal esta de parabens pelos seus projetos. continui assim. abraço sou montador, e admiro muito pessoas como voce.

  6. duh ingat jadul
    pakai Homebrew gEnteng dilempar tetangga
    pas gi tuning2 h.h.h.

  7. Hebat …masih ada yg simpan skemanya, punya saya sudah hilang semua. Tapi Sepertinya yang belum ditampilkan rangkaian AM 80M TX yang dari buku karangannya Francis D Yuri dan atau Majalah Elektron. Masih ada yang punya ?

    • Om Yanto,

      Saya dulu ada kedua skema pemancar tersebut tapi kayaknya dah hilang tuh …… entar kalo ketemu saya upload om … untuk pemancar yang saya upload ini desain sendiri om …yang penting bisa mancar dan bisa nyalakan lampu neon 20watt…. he he he he

  8. Aku tuh penasaran dengan radio national batre 4 sejenis tjawang kok kebanyakan rusaknya krotok2 terus ga bisa konek dengan penerima sinyalnya.
    Apa ya yg perlu di ganti agar normal kembali?
    Makasih

  9. mas aq sampek mbrebes mili,masih ingat waktu thn 87 bikin pemancar 80 mtr tiga tingkat 6v6,6l6 dan finalnya 807 ,setiap hari on ir sembunyi2 sebab izin ortu hanya mlm minggu begadang.awal thn 90 an hrs meneruskan studi keluar kota,satu hari pulang antena sdh turun jadi jemuran ha ha,tp yg istimewa adalah mama simpan semua perangkat di gudang,dari solder sampai pretelane tx yg lain.saat ini saya masih onair tapi tdk seaktip dulu,wasalam yd3jzf

    • Fathoni,

      wah memang kalo kita ngingat cerita main” pemancar jaman sekolah dulu asik om …. saya juga mempunyai cerita … kalo pulang sekolah masih pakai seragam sambil bawa nasi untuk makan siang pasti nyalain radio …. he he he he nilai sekolah anjlok yang di salahin ortu karena solder sama pemancar….. he he he he … sampai sekarang masih ada beberapa komponen jaman pemancar waktu sekolah dulu.

  10. om/… tolong sekalian di post lay out pcb.nya yg siap cetak..
    thx

  11. mantap om blognya, saya dari pecinta 27 mc bali, kami diBali rekan 27 mc udah aktif lagi dari th 2006, sekarang udh ada sekitar 100 personil mengudara di bali, ada yang pake homebrew, pabrikan ataupun allband, dan kami juga mempertahankan agar 27 am di resmikan lagi waktu musda di solo, ok om sekidar info kami dari Bali, salam rapi 5155, kalo ada yang mau jual transceiver 27 nya tolong deh di inbok di sugawakory@yahoo.com atao 081234114444, ok makasi om..

    • Ketut,

      wah kalo di tempat saya blitar kayaknya dah pada hilang minat di 27Mc om …. ndak tau radio rekan” masih ada pa sudah pada lenyap …. saya dulu juga berawal dari 27mc om … kadang saya juga kangen ingin main” di situ….. pernah beberapa kali propagasi membuka di 27mc saya coba untuk kontek disana dengan radio hf saya…… tapi setelah itu dah jarang buka di 27mc. ya entar kalo ada rekan yang jual radio cbnya saya email ke anda.

  12. YC2CBK (dah mati dipakai orang kalai)

    wah… aq lihat blog ini sampai nangis inget tahun 1982 – 1989 semasa aktih di 80 meter/100 meter masih pakai transistor SA495 SA 671 699 atau pakai tabung 6v6 807 wah asyik…kapan ini pada mengudara lagi…perte muan terakhir 80 meteran di Yogyakarta sekitar tahun 1987 po yo lali

    • YC2CBK ( lama ) ,

      Wah sama om saya kadang” juga rindu dengan kondisi AM 80m seperti tahun 80an sampai akhir 80an dimana propagasi di band tersebut masih sanagt bagus tidak seperti sekarang jarang” buka ……. kaslo dulu setiap saat bisa buka … dulu saya dengan dua biji final D313 dah mancar sampai kemana sumtra samapai bali bisa di jangkau sekarang sulit sekali …. interfern dah banyak dan propagasi dah jarang” membuka … siang hari sampai sore dah ooh untuk propagsinya.

  13. Sore OM Lutfi…
    wah skema2nya bikin inget jaman SD SMP om…
    jaman SD dulu ampir tiap minggu (ga inget harinya apa) pasti ke toko elektronik, beli kit Walkie Talkie, tapi yang PCB Ronica. Dari puluhan yang dirakit, cuma 1 ekor yang berhasil (padahal masangnya sama semua). Pas denger suara ZOOOOSSSSSS itu wuidih seneng banget, walau ga ada lawan ngobrolnya T___T

    Yang CB pernah bikin juga, tapi yang pake relay. Masih sama PCB Ronica. Bangkainya sampe sekarang masih ada, tapi mesti dicari dulu. Dulu kendalanya ga ada yang punya frequency counter, jadi ga bisa di tunning. Plus karena ga ngerti apa2 tentang transmitter n antena, jadi pake “antena” kabel 50 rupiah sepanjang 1 meter *_0
    Yang handy talkie jg sama, PCB Ronica. Cuma ga selesai, soalnya ada transistor n kapasitor yang ga ketemu pas diubek2 di Pasar Cikapundung waktu itu.

    Sayang saat ini kayanya udah pada punah ya maenan beginian. Yang bersisa tinggal rangkaian lampu2 LED. Ato kit2 jadi amplifier… Kata toko langganan, sekarang orang2 udah ga pernah ngerakit dari 0 lagi, semua beli KIT jadi.

    Ijin mantau blog OM…..

    • NiksenH,

      He he he he h …. kita kok ya punya cerita yang sama ya om niksen …… sekarang pun kadang masih punya keinginan untuk membuat walky talky 3 transistor …. he he he he he … walaupun pcbnya di pasaran dah lenyap … tapi masih bisa di bikinkan pcbnya kok …..kalo untuk radio cb 27Mhz kayaknya yang sulit memperoleh trafo modulasinya dan kristal untuk tx dan rxnya …. kalo di pasaran masih ada dua kompomnen tersebut pasti da keinginan untuk bikin lagi transceiver cb 27 MHz …… atau kalo om bisa mendapatkan kristalnya.

  14. Paulus Nuzul Nugroho, S.Psi

    wah keren, saya jadi teringat almarhum kakek saya yang membiayai saya membuat walky-talky. Kakek saya pengemar 80 meter Band AM waktu itu. menggunakan rakitan bengkel dan radio SW. Saya minta diajari tapi malah dikasih buku elektronik edjaan Doeloe yang 4 jilid itu lho om, isinya tentang radio tabung yang membuat saya malah jadi binggung. Istilah tranmitter aja sebutannya Zender. Waduh tambah binggung saya jadinya. Cuma saya bisa membaca kode warna nilai resistor, cara membaca keramik filter dan dan menghitung panjang gelombang justru dari buku jadul itu. akhirnya saya dibimbing teman kakek yang punya bengkel elektronik belajar elektronik sampai Walky talky berhasil saya rakit dan bekerja dengan baik saat saya kelas 5 SD, kelas 6 SD saya berhasil membuat Pemancar SW yang digunakan bapak saya untuk siaran Konco Tani bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian dan siaran wayang kulit kalo malam, Pendengarnya se kecamatan om ; SMP saya sudah berhasil membuat Pemancar AM yang saat itu membuat pendengarnya semakin banyak dan saya membuat CB 27 Mhz yang pake relay tapi gagal karena salah masang kaki transistor, SMA saya berhasil membuat Pemancar FM karena sudah musim radio FM, Kuliah Saya mulai bergabung dengan RAPI tapi saya tidak berprestasi di Gelombang Radio karena saya memperdalam Komputer, Setelah Kerja saya bergabung dengan ORARI dan menerapkan pengetahuan tentang Radio dan Komputer dengan membuat API ABADI GATEWAY-1 (eQSO Indonesia), API ABADI GATEWAY-2 (IQSO Nusantara), dan SENDANGCOYO GATEWAY (ORARI DIGITAL) dalam satu Station. Terimakasih Om Skema jadul telah membuat saya teringat dan bernostalgia dengan kenangan-kenangan indah masa lalu bersama Almarhum kakek dan Boekoe Djadoel-nya. 73 – YD2NUG

    • Om Paulus,

      Kayakmya kita juga mempunyai cerita yang sama om ……. cerita tentang bmerakit radio CB 27 Mhz kalo saya yang keliru memasang kaki relay ….. jadi gak bunyi …. terbakar juga ….. pemancar sempat siaran dengan kristal bekas tv ……. 3 koma sekian memamncar sekampung …

      trim’s mampirnya om
      Lutfi …….. de YC3LSB.

  15. skema2 jadul yang hampir smuanya say dah bikin walaupun gak ada yang berhasil suaranya sooossss doang dan oscilatornya jga susah di tuning(gak ada alat ukurnya) tapi memberi kenangan tersendiri….tapi yang gak tampil schema pemancar fm ronika…yang 5w….dan 1w…he…he..

    • Om Yedi Setiadi,

      Mestinya di coba lagi om bikin walky talky 3 transistornya …….. kalo skema pemancar FM< dari pcb ronika pernah merakit tapi masih kehilangan sekemanya …. lumyan juga bisa memancar sekampung yang katanya fm 1 waat … dari transistor c710 yang di pararel beberapa transisitor.

      salam
      LUTFI ….. YC3LSB

  16. Om yc3lb.aye mau tanye.aye tertarik ame walkytalky gmana cra membuatnya kok kyaknye susah.

    • om andrea
      ya kuncinya kalo kita eksperimen telaten dan sabar, tentunya harus bisa membaca skema

      Lutfi …. yc3lsb

    • OIm Andrea.

      Skema kan sudah ada tho …. kalo kit kayakya dah sulit di cari di pasaran.

      salam Lutfi … YC3LSB

      • Malam om, saat saya lihat blog anda saya jadi pengen main2 lagi radio cb. Semua skema yang anda tampilkan pernah saya rakit, dan berhasil bunyi itu yang membuat saya senang. Saya bukan dari keluarga berada/kaya, makanya hobi saya di radio komunikasi hanya bisa tersalurkan dengan merakit sendiri. Diawali saat kelas 2 SMP ( sekitar tahun 83-84 ) saya memakai cb rakitan hanya 1 chanel(14) itu sudah membuat saya sangat senang meskipun hanya bisa untuk lokalan (kediri ). Terakhir saya mencoba merakit cb 40 channel pcb keluaran RAL. Ternyata banyak kesulitan yang saya hadapi terutama komponen2nya sulit didapat di kota saya kediri. Saya coba mendapatkannya di surabaya, malang dan solo. Semua komponen sudah lengkap, tapi tidak bisa terselesaikan karena dimarahi sama ortu yang tidak setuju dengan hobi saya. Itulah saat terakhir saya main2 cb. Sampe sekarang sebenarnya ingin menyelesaikan rangkaian cb 40 tapi ragu karena gak ada radio cb lain untuk mentuning. Apakah om lutfi juga pernah merakit cb 40 ?? Apakah bisa di modif menjadi 120 chanel dan kira2 di kediri/lamongan masih banyak yang main di 11 meter band?? Terima kasih atas pencerahannya….

  17. Aye dlu udah bli tu kmponennya smua tpi blum aye psng.lma klamaan dah hlang om.mslhnya kmponennya dah gak ada.dah jdul om.to pkai antene Rf di rdio bsa ga om

  18. Waaaaaah Senangnya saya liat skema Walky-talky. Jadi ingat tahun 1979. Waktu itu masih barang langka… Kalau skema citizen band di atas kejadiannya sama dengan saya salah masang. tapi yang saya salah masang adalah transistor finalnya…… Padahal saya pengen punya CB sendiri… Gak jadi deh…..

    • Om Endih
      Ha ha ha h …. kalo sya dulu pertama kali keliru memasang relay jadi terbakar jalurnya ….

      .Lutfi …. YC3LSB

    • Om Endith,

      Beberapa waktu lalu buka” koleksi skema dari pcb yang jaman dulu banyak di jual di pasaran….. jadi ingat masa” itu om … kayaknya kita punya ceritera yang sama kalo saya keliru memasang relay … di coba di nyalain langsung kebakar …. ha ha ha ha … makaish om mampir di blog’s saya

      salam …. Lutfi …. YC3LSB

  19. salam kenal mas lutfti….wah baca artikel ini sy tergelitik pengen comment jg nih…kaya nya semua sama ya hobby tentang pemancar ini berawal dari coba-coba membuat/merakit Walky Talky atau merakit cb 27 Mhz , sayapun masih menyimpan lho…. mas itu skema-skemanya bahkan yang rakitan CB 2 X-tal sempat jadi dan masih disimpen digudang tuh…! trus pernah juga merakit pemancar 100 m ( orang Bandung nyebutnya “Cepe meteran”) dan masih ada sy simpan untuk kenang-kenangan gitu. sampai sekarang hobby radio ini jadi bagian hidup yg g pernah bosen kayanya… he…he..he

    • Om Jonathan …. YD3BQW
      Wah salut saya om jonathan yang masih menyimpan hasil karyanya ….. kalo punyak saya sudah buyar semua om tinggal kenangan beberapa komponennya saja …. jadi kalo lihat komponen yg dari jaman main” walky talky dulu jadi ingat main solder waktu smp sma ….. siiip sama kayaknya dah jadi hoby yang tak pernah bosen sampai sekarang.

      Lutfi ……. YC3LSB

    • Om Jonathan.

      Wah kita sehoby dan kayaknya juga punya cerita dan latar belakang hoby yang sama om …. wah anda masih menyimpan koleksi rakitan radio CB yang umurnya dah dua puluh tahun lebih tuh …. terima kasih mampirnya om

      salam Lutfi …. YC3LSB

  20. kayanya yang dulu maen2 walky talky, cb xtal, ato pemancar am/fm ujung2nya pas udah tua punya nama YD/YC/YB ato JZ ya…..

    *kapan gw punya YD ya? wkwkwkwk

    • Om Niksen

      Kayak betul seperti yang anda utarakan …. semuanya berawal dari main” walky talky cb 27 mhz dan pemancar am fm ujung” nya jadi amatir radio atau ikut rapi ……. nyususl aja om niksen ikut ujian amatir radio.

      Lutfi ……. YC3LSB

    • Om Nikshen

      Anda benar …. kalo dulu awal”nya suka dengan walky talky sekarang dah banyak jadi yd, yc, yb dan jz … mestinya anda nyususl om niksen paling tidak dah yb …. he he he he

      salam … Lutfi … YC3LSB

  21. sorry mau tanya pada WALKIE TALKIE DENGAN KRISTAL
    yg dimaksud ML-005, ML-006, MT-104 sama crystalnya di ganti dengan 24Mhz bisa pa ngga ?

    balas di email klo bisa

  22. skema pcb nya buat WALKIE TALKIE DENGAN KRISTAL mana gan????
    tolong di bales!!!!
    butuh baget soalnya.,.,
    kalau sudah ada kirim ke e-mail saya: tusan_trey@yahoo.com

  23. @Tusantrey : lah itu skema nomer 2 bukannya pake kristal?

  24. Salam Kenal buat semuanya,
    Waduhh…keren neh cerita dan pengalamannya masing2, sebab saya dulu juga tiap hari pasti praktek sepulang smp waktu itu th ’83 an klas I. tiap hr gonta ganti praktek karena semua yang disoldeer pada hangus semua dan nggak penah sukses, trus lari ke reparasi elektronik malah dibohongin, ketika itu coba ngrakit tape + ampli nya wah…mulai modal awal 10 rebu sampe bawa ke tukang reparasi bengkak jadi 50rebu biayanya…hmmm itu lah dasr elektro g ada dan nggak ngerti tp coba2 bikin yang macem2…hehehe….
    Pernah bikin walky talkye g pernah berhasil malah bikin 4x , 4x juga gagal total dan ganti ke cb 27 Mhz yaa malah amburadul nggak karuan hehe…akhirnya minta tolong dibuatin sama yg sdh pakar, begitu jadi -dicoba dan bongkar abizzz,,,dipelajari…baru deh nemu masalahnya.
    Jadi ilmu itu org jawa bilang” angel lek durung ketemu”..( sulit kalo belum ketemu ) emeng bener dan ilmu itu mahal dan hrs diamalkan.
    Tapi dibalik itu semua ada hikmah yang dalam dan sangat bermanfaat buat menopang hidup karen tiap hari disamping jd pegawai dirumah masih kerja lagi melayani design dan merakit sound system, transmitter fm , kalo service nggak karena gak ada waktu buat merekondisi, kecuali alat yg rusak itu produksi saya cyborg electronics.
    Buat rekan2 jangan pernah menyerah dan pantang mundur kl ada proyek sulit, semua bisa diatur kan buatan manusia…!…yang penting manusia berusaha Tuhan yang menentukan..

    Cheerrrss
    Dody
    cyb.electro@yahoo.com

  25. di cirebon ada toko masih jual PCB pemancar 80M band, pake oscilator + 2 varco. Pengen coba bikin lagi, tapi nyari varco besi n travo OTnya ke mana ya?
    itu AM kayanya ya? Simple rangkaiannya, oscilator, driver, buffer, final…

  26. Maaf. Saya mau tanya. Ada yang punya skema rangkaian walkie talkie 50 Mhz Am merek Rastar/Homy pad? Dan bagaimana cara memperkuat transmitternya. Rangkaian ini menggunakan transistor 9018. Saya mau gabung/rangkai dengan transistor 2053 tapi tidak tahu caranya. Ada yang bisa bantu gak? Kirim saja ke alamat emailku di ellopradika@gmail.com

  27. Salam kenal tok’semuanya …! utamanya tok ” Yc3Lsb “

  28. mas buat lilitan rfcnya gimana

  29. Lihat skema2 jaman dulu…ah jadi pingin membuat lagi, dulu sih pinginnya buat 11 m band, eh temen2 dah pada turun, kalau sekarang cari kristal 27 Mhz buat 11 m Band pa masih ada yg jual ya ? Mungkin temen-temen ada yang bisa bantu…please

  30. Om Munadji
    Kayaknya sulit cari pasangan kristal tsb …. tapi beberapa waktu lalu saya masih menjumpai pasangan kristal 27.125MHz ada di pasar genteng surabaya.

  31. Om…
    rank.Walki talkie…cuma itu saja?? buat dua..lngsung bsa dipake?

  32. wah ingat jaman smp-sma tahun 1985-1990 sungguh menyenangkan jaman itu, bereksperimen di jalur 80 mb sekaligus juga di 11mb…hik hiks kangen jaman-jaman dulu. Sekarang mah gak ada seni-nya tinggal pencet nomor langsgung nyambung ke lawan bicara, kalo dulu mah kalo mau komunikasi jarak jauh kudu eksperimen bikin tranceiver

  33. Untuk Walki Talkie Kristal seperti rangkaian diatas buatan Mitra Kit saya duslu sudah pernah coba ….cimaik hasilnya> Seingat saya lilitan atau coil ML005 dulu dah beli jadi ada ……Ingat teman-teman suruh bikinkan ada 4 pesawat yang saya bikin…..kalo pakai antene luar dan tinggi bisa kok nyambung ke CB…Masih adakah ya yang jualan PCB walkie Talkie Mitra Kit beserta lilitannya ML005..juga kristal 27 Mhz. Mohon info teman teman sudah hampir 27 tahun lalu bermain main walkie talkie…

  34. ingat dulu di 80 m band, pesawat saya masih lho tapi nggak punya radio
    masih ada sweeping nggak ya?
    paling sweeping tetangga

    • Om Riefki
      Siiip jaman itu saya masih sekolah di SMP SMA om … paling banter main walky talky 3 transisitor sama pemancar mini sw …. baru setelah sma main pemancar am 80m dan cb radio …. kalo sambang” di blitar di persilahkan mapir om
      salam’
      Lutfi … de YC3LSB

      • Zno
        sama kalo sweeping tetangga sih saya kira yang suka main” pemancar mesti pernah ngrasakne lemparan batu …. he he he h eh

      • b0s.sya kn punya walkye talkye. pas q b0ngkar ada 2 k0mp0nen yg tulisannya STAR 40.665 MHz. mungkin mksdnya frekuensinya d nilai itu. nah,sdangkan radin fm kn 88-108MHz. bisa gk b0s walky talky itu d naikkam ke frequensi 88-108?bt pemancar radi0.
        mh0n d bimbing

      • Om Paijo
        Untuk alat yang anda maksut lebih baik anda membuat rangkaian yang untuk pemancar fm aja om lebih simple karena memodifikasi walky talky dengan frek tsb lebih ribet sebenarnya bisa dengan di buatkan transverter utk walky tsb utk bisa bekerja di frek Fm

        Salam …. Lutfi … YC3LSB
        Sent from my BlackBerry®

      • Wkwkwk..banyak yang berpengalaman yang sama ya.dulu bikin 11 meteran.receive bisa,transmit gak bisa.ga tau ada masalah di mana.tiap pulang school kerjaane ngoprek fm man dan 11an.untuk yang fm suka nyeplet.sama tetangga di timpuk pake kerikil rumahku.kalo inget aku jd terasa lagi suka dukanya.skrang aku sering standby di 142.220mhz.gabung ama korelasi ngaglik sleman jogja.pakai pesawat cina.dah malas mau utak atik lagi.karena pesawat sering keluar kandang buat giat2 sosial dan kemanusiaan.salam sejahtera buat temen2 semua..

  35. salam,tuan guru!boleh ka saya nak schematic walkie talkie ini dengan lebih detail??banyak yang saya tidak faham,ini email saya Rantau92@yahoo.com,saya dari malaysia,

  36. salam hangat om, walau telat tp msh bisa koment g klo walky talky yang 3 transistor itu berapa meter jaraknya, trus tx ronika 5wat aku masih hafal skemanya walaupun nggak punya gambarnya tapi kalo aku gambar lagi masih bisa, karena dulu aku brigger tahun 1997 fm 85-87MHZ tx 5watt

  37. waduuuuuuuuuuuhhhh cocok bener,nyasar nyampe blog ini.iya sampe aku terpana terdiam tp pikiran melayang ke 20thn yg lewat.betul masa2 itu antra 82-87an masa yg menyimpan suka duka berkesan. dari intercom sampe pswt trsiver.bukan skdar ditimpuk kerikil om,tp dpt tamu dr polsek yg melarang penggunaan trsver publik.klo blh saran,update trs om dgn tmbahn skema2 yg lbh jelas.krn sy rasakan anak2 skrng sgt kurang skl mengenal elektronik.conth anak sy sndri yg hanya bs menggunakan barang jadi,dr hp sampe kmpter,tp gak tahu tntng fungsi dan cara kerja komponen2 di dlmnya.itu aja om….sukse slalu.

  38. kenangan lama merakit transceiver..ahay… CLBK cerita lama bersemi kembali.. wah sepertinya kita semua yg di sini seumuran kali ya.. ceritanya hampir sama, mulai smp sdh mulai merakit.. saking getol nya sampai2 dimarahin ortu.. nyolder di atas meja sampai taplaknya bolong2 kena tetesan timah panas.. hahahahaha.. itu semua bagian cerita yg bisa kita kenang dan ceritakan kembali ke anak cucu.. sekarang sy msh nyimpen SS2000 antenna sdh ada tapi blm bisa mengudara lagi.. bagian yang AM spt nya di matikan dr pemilik terdahulu, mungkin karena AM sempat dilarang.. apa ada yg bisa betulin nih CB ya. saya ada di jawa timur.. salam 73

  39. mas gmn kalo kita2 ngebrik lg pake hp,download saja zello.saya dah coba,nunggu rekan2 yg dulu nangkring di 80/100 m

  40. om bisa nggk kirimin bentuk rangkaian buat walkie talkie 3 transistor, digambar kurang jelas om yang nyambung atau jumpernya.

  41. rencananya saya mau coba buat rangkaiannya nih om, soalnya yang make di website2 lain nggk pada jadi nih sampai stress utak atiknya.

  42. minggu lalu beli komponen..eh ga sengaja liat masih ada pcb walkie talkie 4 buah tapi yg ga pake kristal ya udah borong aja semuanya lumayan buat koleksi nostalgia ..dulu waktu smp taon 87 pernah rakit walkie talkie ini…juga dapet pcb pemancar mini sama tx 80 m.

  43. bang klu punya skema SA280 XII

  44. ayo teman2 banyuwangi yang dulu pernah main di CB 27 mhz.. ayo kita ramaikan dan bangkitkan lagi RADIO CB di Banyuwangi..

  45. Kalau skema ky gituan di tempat ane masih banyak gan..yg udah punah sih ‘tulus kitt’ tuh….

  46. itu walky talky 3 transistorya,

    tr 1 nya di
    ganti bc 548 bisa ndak
    dan blok audio di ganti ic bisa ndak

  47. Salam buat semua..
    Pada Mantap semua pengalaman rekan2 ni,dan cocok dngn yg sy pernah alami dan jalani…pengalaman sy saat aktif di 80an…yaitu datangnya tetangga ke rumah; maas..maaf,sy lg nonton film rano karno,koq suaranya kang bayu lagi kang bayu lg…heheh…malu sy dah wktu itu,saat itu sy msh eksperiment dikasi temen,kemunculan sy dulu di sumatra barat,tapi bermodal jarang tidur dan boros rokok al hasil saat itu bisa menyalami rekan2 di pulau jawa…yg eksis waktu itu dari solo pak de karto dan cs..sekarang apa masih ada yg isi frequency itu gak y? Jadi ingat semua…maklum skrg sulit bangun antena nya di pemukiman padat penduduk dan kbtulan sempite omah sy ini..heheh…salam aja buat senior semua…(ex kang bayu solok selatan,sumatra barat)

  48. Mantab blognya, jadi ingat jaman 89 dulu.Awalnya lihat kakak rakit walky talky terus CB dan make diam2 saat kakak gk ada hehehhe.tahun 90 sekolah di STM jurusan Elektronik tersalur dech bakat.Dari sana awalnya belajar rakit Radio CB senang bangat berhasil dan bisa komunikasi.Aktif di 27Mc sampai tahun 2007.sempat contact ke luar negeri sampai punya sahabat pena cewek dari Filipin padahal cuma pake AM aja.Radio CB rakitan yg bersejarah masih ada sampai sekarang saya simpan.Rasanya pengen ngulang kembali on air di 27 AM kaya dulu.Keep update om blognya. senang banget bisa nyasar ke sini.Salam dari banjarmasin
    73′ Bye bye

  49. Suatu saat komunikasi dengan satelit akan lumpuh……apapun tidak akan bisa dipakai selain dipajang saja……hanya alat komunikasi JADUL inilah yang tetap akan eksis terpakai karena menggunakan freq dan rambatan atmosfir sebagai media telekomunikasi……..MANTAB juragan……apapun alat komunikasi sekarang yang canggih tetap CB…HT….80M…dll yang paling ane suka

  50. hehehe salam kenal mas..teringat masa saya masih kecil…tiap malam nyetel radio SW dengerin yang QSO sampai keidean bikin BFO…sampai bermimpi jadi anggota ORARi…hmmm masa lalu yang skr jadi kenyataan di balik kecanggihan teknologi saat ini saya masih merindukan hal tersebut, semoga jiwa amatir tetap ada dan tidak usang oleh kemajuan teknologi

    trimssss

  51. om… makasih skema walkie talkienya.. mau saya bikin untuk anak mainan. hmm.. beli komponennya abis 25rb itu baru satu unit.. klo beli jadi HT mainan saja udah 50rb sepasang.. :) yg sulit cari IFT nya.. gak ada yang hitem dan putih..

  52. Ass. Om Luthfi saya sedang merakit mono band 40m, saya kesulitan kristal 10,240Mhz , apa bisa diganti 12 Mhz, yg lain RFC 100uh juga susah dicari, bagaimana solusi, trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s