HOMEBREW HF ANTENA TUNING UNIT ( ATU )

ATU ini hanya membutuhkan sedikit komponen saja dan mudah didapatkan, Variable Capasitor  saya ambil dari bekas Radio Tabung atau radio transistor lama.

Yang perlu kita perhatikan ATU ini hanya mampu dipergunakan dengan Power Transmitter tidak lebih dari 50 Watt saja mengingat Varco yang dipergunakan tidak diperuntukkan untuk Hig Power. Saya membuat ATU ini sedikit menjiplak dari ATU buatan Pabrik dari DAIWA, Saya mempergunakan perangkat ini sudah lebih dari 5 tahun, lumayan dengan sedikit dana saya sudah memiliki Antena Tuner he he he he .
Dengan ATU ini saya pergunakan di band-band amatir terutama di 40M, 15M dan 10M band ( termasuk di 27 Mhz )  dengan antena yang saya pergunakan Mono Band Open Dipole pada 80M dengan ketinggian 10M. Jadi kesimpulannya saya hanya mempunyai satu buah antena untuk bekerja di HF Band  cukup lumayan performen dari ATU ini saya bisa DX dengan stasiun Luar Negeri baik di 40M, 15M ataupun di 10M Band lumayanlah buat amatir radio yang pas – passan dengan keinginan qso di semua band DX.
Atur terlebih dahulu tap pada Lilitan Coil pada setiap Band yang kita perlukan lalu tune radio dengan mode AM dan perlu diingat dalam setting ATU ini Power tidak usah besar terlebih dahulu cukup 5 atau 10 watt saja sampai ketemu SWR yang paling rendah baru ATU ini dapat dipergunakan untuk QSO.

Original Scematic Diagram :


Selamat bertuning dan Ber DX 73” de YC3LSB

BACK

33 responses to “HOMEBREW HF ANTENA TUNING UNIT ( ATU )

  1. Om YC3LSB Yth,
    kalau saya mau pakai 100 watt powernya,apa yg perlu diganti komponennya
    Varco atau yg lainnya?

    de YD0NVU

  2. Apakah L1 dan L2 lilitannya ditumpuk jadi satu?

    de YD0NVU

  3. kebetulan saya masih nyimpan loading putar buatan pabrik bekas dari
    rongsokan perangkat transmitter jadul/tabung,kira2 diameter 1 1/2 inch,bahan dari keramik,diamaeter kawat 1-1,2 mm,jumlah lilitan 32 kayaknya sih dari perak,soalnya warna kawatnya putih,kira2 bisa gak ya Om dipakai utk mbuat ATU ini?

    de YD0NVU

  4. @ YD0NVU
    Kalo mau pakai power besar yang perlu diperhatikan variable capasitornya saja, Untuk L1 dan L2 tidak di tumpik cuma di gulung sendiri, kalo sudah ada loading coil seperti yang anda punya wah itu yang bagus om gak usah mencari nilai lilitan kalo saya masih saya tap saja, yang perlu di perhatikan jumlah lilitannya untuk warna kawat tidak jadi masalah kalo masih ragu saya mau ha ha ha ha

    salam
    luti …..YC3LSB

  5. Nah itu dia Om,dulu saya banyak tuh bekas2 loading putar yg bersisa cuma 1
    selebihnya men temen 100/80 meter yg pada minta,lha waktu itu saya pikir
    buat apaan gitu…he..he..he…

  6. saya masih gak mudeng neh Om,
    L2 itu hanya didekatkan saja/Induksi ke L1 ya Om?
    he..he..he..berhubung bandplan callsign saya cuma 80-40 saja,kayaknya L2
    kalau saya hilangkan gak masalah kan Om?

    de YD0NVU

    • Kalau dah ada loading putar ya l2 gak usah dipakai om itu kan untuk di band 15m dan 10m band aja jadi itu bisa dihilangkan jadi satu antena di delapan puluh meter dah bisa di tune ke band atasnya

  7. Thank’s To YC3LSB buat pencerahannya,mudah2an dalam waktu dekat saya akan rakit.

    de YD0NVU

  8. nah ini kan HF ATU,kalau yg VHF 144 mhz ATU punya skemanya gak Om?

    73 de YD0NVU

  9. cari antena 80/40 m band traft eh ketemu LUTFI…..
    de vc3mva/7 samarinda

    • Ha ha ha ha…..ketemu disini om ali…… gimana kabar, sekarang di samarinda ya…? masih muncul di 80m / 40m om…apa endak ? kalu saya dah jarang muncul di sana antena lagi roboh kena angin paling cuman monitor aja , kabarnya baek2 aja yang di blitar mudah2an om ali juga demikian terima kasih om mampir di web saya…Wassallam.

      LUTFI – YC3LSB

  10. Trus,…tap,..A, B, dan C itu pada berapa lilit,.? kok gak ada penjelasannya ?

  11. getek's nam dua puluh

    Salam kenal om Lutfi de 73

  12. Udah ngebet ingin bikin, tapi varco nya susah di cari

    • Jonisyan Sulistya,

      Memang untuk varco besi memang sulit di cari di pasaran tapi bis di buru di tukang” srvice radio …… ini saya punya bekas eksperiment dari jaman saya masih smp sma dulu …..

  13. Halo cak lutfi saiki rajin nulis. Smoga memberi manfaat

  14. he..he berburu varco besi emang susah, berbulan-bulan cuma dapat 1 tok…
    kalo cuma satu bisa ga om yang satunya dikasih keramik beberapa pf?

    terima kasih atas infonya

  15. kalo bikin yg untuk vhf gmn om?

  16. ada transworld tw 500 a,spilsbury sbx 100 ex.sr 204.barret 550,inconav 1800…02192809137

  17. SALUT DEH SAMA HOMEBREW ATU NYA!SMOGA NANTI BISA IKUTAN BIKIN,SALAM KENAL YA OM,DARI JZ11OVE BHIRAWA ,MAGELANG

  18. Mas Lutfi;
    Mohon izin artikel ini saya posting di : http://amatirindo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=363:homebrew-hf-antena-tuning-unit-atu&catid=51:teknik&Itemid=41
    Ngga’ ada yang diubah dari isinya, dan sumbernya pun disertakan…
    boleh yaaa…;)
    Makasih lho Mas…
    Salam 73… de yd1dkq

  19. aslmkm
    piye kbre lho….roso2ne aku nate gawe iku ya….eh nek dinggo antena 3w bisa yo cak…de yd2nqz…magelang

    • Om Bambang
      Mestinya bisa om ,dicoba aja kalo swr gak dapat coba tap pada coil di atur” om sampai di dapat swr yg rendah

      Salam lutfi …. YC3LSB
      Sent from my BlackBerry®

  20. to yc3lsb
    hoe…..no hp mu opo sudah di ganti yang baru…..

    yd1uhp agus/gembhos

  21. to YC3LSB
    no hp mu berubah to lutf….

  22. Boss bisa buat frekuensi untuk pesawat YEASU IFT 180 C ??
    berapa biayanya , saya dari Palembang

  23. mas, mohon ijin ngopy….mau ikutan bikin….varconya ada….

Berikan Balasan

