MERAKIT PEMANCAR AM 80M BAND

Pada awal tahun delapan puluhan tepatnya tahun 1985 dan waktu itu saya masih kelas tiga SMP saya sudah main main demgan pemancar am 80m cuma waktu itu masih dengan rangakaian yang amat sederhana hanya dengan dua buah transistor tipe pnp 2SA221 dengan trafo madulasi menggunakan trafo tipe ot240 dan modulator yang saya pergunakan audio puspull dengan power transistor tipe pnp juga 2SB178 mirip punyak radio transistor, tapi lumayan dapat komunikasi dengan teman walaupaun jarak dari rumah saya tidak terlalu jauh tapi itu semua membuat aku senang. Sampai lulus SMA saya selalu bermain – main dengan radio baik itu pemancar ataupun penerima. Selain Pemancar AM 80M saya juga suka maian – main pada frekwensi 27 MHZ awalnya sekitar kelas dua SMP membuat walki talky dan selanjutnya merakit CB Radio dan semua itu akhirnya Hoby elktro saya melulu tentang RF aja he he he he dan sampai sekarang
Beberapa tahun yang lalu saya bersama rekan lama yang saat itu sama2 main Pemancar mengajak muncul kembali di AM 80m selain di 2m katanya reuni masa lalu dengan sama – sama merakit Pemancar katanya pakai transistor aja yang mudah he he he he wong aku senduru aja masih belum pernah main dengan komponen tabung yang memerlukan voltage tinggi. Kebetulan beberapa komponen lama masih ada di boks komponen dan antena sudah siap di delapan puluh meter jadi tinggal merakit pemancarnya aja.

Ini adalah skema Pemancar yang saya rakit beberapa tahun yang lalu untuk melengkapi cerita saya bermain – main dengan RF. Masih ada lagi skema –  skema Pemancar AM 80m koleksi tahun2 dulu entar saya upload disini biar rekan2 bisa mengingat masa lalu tentang radio.

Untuk Receiver dapat memepergunakan Radio SW 1 atau dengan memebuat Radio SW Homebrew untuk dengan menggabungkan dengan radio ini akan membuat gabungan rakitan ini sebagai transceiver skema seperti di bawah ini ;


PHOTO – PHOTO PEMANCAR


BACK HOME

86 responses to “MERAKIT PEMANCAR AM 80M BAND

  1. Wah ketemu juga nih my hobbi yg sdh terbenam 20 tahun yg lalu. Terima kasih sebelumnya atas pengalaman merakit 80m bandnya. Terus terang baru lihat TX transistor yg dipaparkan sampai lihat ‘hasilnya’. cuma bisa gak dirinci detail perakitannya termasuk modulasi dan power supplynya. Sebelumnya terima kasih Om.

  2. Wah, semangkin hangat lagi nih AM 80 mter kalau bisa sih yg pemancarnya sudah tidur di aktifin lagi he he he untuk skema 80 mter band AM ini juga ada di blogku plis deh di lihat agutomank.wordpress.com

  3. Saya butuh rakitan pemancar AM untuk broadcast (sebagai radio komunitas untuk acara sosial keagamaan). Barangkali bapak bisa bantu saya untuk mendapatkannya ? alangkah senangnya jika bapak berkenan memberikan info lebih detil tentang sekema, data komponen, dsb.

  4. om lutfi mbok aku dikirimin lay out pcb home brew 80 m pake if 455kc dan 10,7mc,thx ya sebelumnya.de yc3lvx

  5. Om Lutfi tolong dong kirim saya lay out pcb 80 m
    Di tunggu ya Om di dpermana_eldy@yahoo.com
    Thanks sebelumnya dari lokal Bandung Selatan

  6. Waduh……..gw jd ingat masah lalu…….

  7. Wah…..senang bisa ketemu dengan ini…..

    Keliatannya ini gabungan beberapa rangkaian/PCB ya..?
    Kalau bisa om….dikasi tau juga dong PCBnya apa aja dan mereknya apa, atau lebih mantap lagi jika sudah jadi 1 PCB yg merangkum semuanya….apalagi jika ada kisaran harga komponen-komponen pentingnya.

    Selain itu gimana juga kalau ada sekema utk radio CB karena dengar2 di Bali komunitasnya sudah mulai bangkit lagi

    • Memang ada beberapa PCB, PCB VFO yg saya shield / tutup dengan pcb, PCB penguat setelah VFO, PCB pre Driver dan Driver, serta PCB Modulator disini saya gunakan kit penguat amplifier dengan ic la4400 kalo dirangkum jadi satu PCB saya kira nanti akan kesulitan jika mau memodifikasi pemancar tsb, untuk kumpulan skema CB ada di situs saya yang satunya klik aja disini Kumpulan skema

  8. ardi rasyid ramadhan

    pak,tanya nama bagian2 dari fet sk192

    • Kalo FET SK192 di hadapkan ke kita kaki sebelah kiri adlh Drain ( D ) kaki tengah Source ( S ) kaki kanan adlh Gate ( G )

  9. wah ternyata pindah frequensi, di internet.riwayat bermain 80 m band kok sama.saya mulai th 84 ketika masuk SMP.kebetulan ada tetangga yang memiliki 80 m band (YC3 CAZ/Isnaeni) di jember, aku belajar elektro dan pemancar pada beliau .sampai bisa komunikasi ke mana2.kapan antenya di tarik lagi.mari kawan2 sesama hobies 80 m band mancar lagi. sayang sekarang frequensi 3,5 – 3,8 sangat nois sekali.mohon konfirm posisi YC3LSB dimana?

    • Ya om ilham buat reuni jaman dulu sambil mngenang transistor D313 transistor andalan tapi sekarang kyaknya propagasi gak seperti dulu banyak QRM, saya msh aktif on air di HF om illham di 80M,40M dengan mod ssb, kalo di AM rekan2 biasanya di atas 4 Mc munculnya masih banyak om. Oh ya saya ada di Blitar.

  10. pak luthfi ini apanya pak kabul ya????

  11. mas yc3 lsb aku ono modul nganggo mrf 454 pushpul soko koncoku terus ngomonge iku modul metu 250w frekwensi 1.8 – 30 mhz, maksud aku arep ngawe exiter kanggo ngebrik. sing apik neng freg piro lan mode a3 opo ssb ? supoyo iso qso karo sampeyan, aku saiki neng pematangsiantar sumut. neng kene callsigh ku yd6dvb.

    • Iya om yd6dvb modul bagus dari transistor mahal mrf454 pushpull lagi, kalo menurut saya dipakai di mode ssb aja om di 80m atau 40m, kalo di kerjakan di mode a3 sayang modul transistornya lagian modul tersebut sdh bekerja linear kelas ab jadi dah cocok untuk ssb

  12. ok mas yc3lsb coba aku merakit excyter ssb yang ada di blog sampeyan, kebetulan ada sarana pendukung berupa regulator switcing 13.8-25a. klo tr nya sudah tersedia wong kerjananku ndadani tv. kebetulan aku juga sering merakit radio fm komunitas yang 80w, jadi ga salah klo bernastolgia pakai 80m band jadul. sekalian mo nanya mas yc3lsb biasa qso di freg berapa ?

  13. Biasanya kalo di 80 M ya di frekwensi amatir antara 3.8 Mhz smapai 3.9 Mhz dan di 40 M 7.0 Mhz sampai 7.2 Mhz. Okay entar kalo dah siap kita bisa ktemu di frekwensi tsb

  14. mas Lutfi aku dah prin artikel ssb 80m band nya, dan kupelajari. disini aku meyimpulkan ada 1 penguat if amp 455 Kc yg berfungsi ganda unt tx dan rx. jadi rencana aku memodif bag ini agar lebih dimengerti cara merakitnya dan dalam penyambungan kabel2nya tidak ruwet lagi. maksud seperti memakai am 80m band jadul. bag tx dan rx terpisah namun tetap memakai 1 vfo. oke mas sekarang aku lagi disain pcb nya, semoga lancar saja dalam perakitan nanti…maturnuwun atas artikelnya.

  15. Kalo mau bikin if 455kc bikin aja om seperti postingan saya yang di depan mono band qrp transceiver untuk pcb sudah saya bikin desain pcb ada om tapi belum saya upload trus untuk komponen juga mudah di dapat saya pakai ta7358 di lihat aja om postingan sya mono band qrp transceiver http://yc3lsb.wordpress.com/2010/08/25/mono-band-qrp-homebrew-transceiver/

  16. Lihat gambar 80 am.ingat tahun 80 an waktu aku mainan radio tersebut…..

  17. Salam Kenal,Salam Amatir,Salam Sejahtera Om YC3LSB,
    boleh minta layout pcb dari skema diatas(AM 80 meter band) Om?dikirim via email ke didiafandy67@yahoo.co.id,sebelumnya terima kasih banyak nih Om sekalian foto bentuk fisik dari Balun TVnya,soalnya rada2 gak mudeng nih om bentuknya..apakah berbentuk toroid atau batang ferit gitu Om..

    73 de YD0NVU

    • @YD0NVU
      Salam kenal kembali om, wah kalo lay out pcb nya saya belum mendesain cuma yang sudah saya desain hanya VFO nya saja, kalo yang lainya cuma saya rakit di pcb lubang2, Bentuk balun TV dari ferit terus ada dua lubang biasanya di pakai di antena tv vhf/uhf untuk balun di antena ada beberapa ukuran om
      terima kasih mapirnya.

      salam
      Lutfi ……YC3LSB

  18. berarti di tv-tv buatan sekarang juga ada dong,terus ukurannya gimana Om?
    layout VFO nya juga gak apa2 Om,nanti saya coba buat yg utk layout tingkat berikutnya..

    de YD0NVU

  19. Okeh Om,saya tunggu e-mailnya

    de YD0NVU

  20. Tahun 1996 aku dah ngebrik dengan luar kota walaupun menggunakan final D313 sebanyak 2 bh di final dengan modulasi OCL 150 Watt dan antena logwire, untuk mengejar ketinggalan sinyal dengan memperbesar amper travo hingga 5 amper murni dan final di beri tegangan sendiri hingga 18 volt. Wih baru bisa ngebrik seneng banget apa lagi pesawat buatan sendiri.

    • Sama om Agus rasanya seneng sekali pertama kali ngebrik bisa di respon sama temen laen dengan pemancar hasil rakitan sendiri…saya akhir tahun delapan puluhan

  21. Nostalgia 80 m, aku saat inisedang merakit lagi, persoalannya cari Varco logam sdh tdk nemu, bgm caranya

  22. Salam kenal om Luthfi YC3LSB saya telah membaca artikel yg diposting disini hanya saya tak melihat PLL maupun FLL untuk homebrew 80 M dan 40M yg biasa teman – teman pergunakan di FT 180 A.Dengan harapan om Luthfi bisa membantu saya dalam tahap modif FT 180 A menjadi 2 Band dengan mempergunakan PLL maupun FLL .
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih dan tak lupa titip salam buat keluarga om Luthfi serta teman-teman lokal disana……73

    • Salam kenal kembali om jhony falcon, untuk pembuatan pll untuk yaesu ft 180 a bisa di kunjungi webnya rekan amatir seperti webnya om cholis yd1chs dan lainnya, untuk hfo dipergunakan pll ya entar tak coba upload pll sederhana untuk dual band qrp ssb transceiver maupun untuk yaesu ft180a

      trim’s mampirnya om jhony

  23. Om Lutfi email ku kok blm dibalas.. . Coba dicek dulu. Matur nuwun….73

  24. Om lutfi, untuk VFO bag SW RECEIVER 3Mhz…5Mhz, apa sudah bener seperti itu bag L-C-nya?kukor2 mumetz.

  25. om,, RFC 2.5mH 300mA gimana cara buatnya om???
    makasi om

  26. bos salam kenal, punya rangkaian tone squel HT icom v68 nggak ? kalopun sudah berupa kit boleh gak di beli? soalnya Ht aku tone nya masih standart 88.5 gitu aja dulu bos thanx …….73

  27. Wah jadi rindu dengan hobby lama…. ternyata masih banyak yg merindukan masa-masa indah th.8oan …..hayoo muncul lagi dg Hombrownya …salam kompack !!

  28. Bade tumbas 80 homebrew, pinten mas reginipun?

  29. Jadi ingat “jaman NORMAL” (emangnya sekarang tidak normal?)

    Saya mengenal 80meteran sejak di smp. waktu sma saya sudah bisa merakit sendiri pemancar 80m, tapi spletternya (maksudnya harmonic) kemana mana….nyamber ke TV (waktu itu cuma ada TVRI) tetangga…diomelin….

    Saya ingat waktu smp sering monitor “mbahnya” 80meteran mbah KRISNA (YCzerro JJ – atau double julliet, yang beroperasi dari Sumedang – Jawa Barat). Sementara dari timur ada YC3 MJ (Mojo Agung…) dan dari Madiun ada YC3 MR (Marsudi, sekarang dosen di Universitas Paramadina). Aduh jadi kangen masa puber nih…..

  30. aduh kabeh kabeh kok podo nostalgia am 80 home brew.. ancene mak nyus. bukan hanya masa bercinta saja yang menimbulkan nostalgia teryata eh teryata hoby homebrewpun sangat sentimentil ooo terlalu tapi saya juga merasakannya dengan sering beli TR PNP SA 671 yang jebol
    di Purworejo Jawa tengah waktu itu tahun 85 kini ku tlah 50 tahun

  31. Mas sampeyan Blitarnya dimana,… add saya dong Facebook : gepengblt@yahoo.com ,.. saya main 80 m di tahun 1987 s/d 1991

  32. dari dulu saya mau bikin 80m tapi gak ada yg bimbing

  33. Ass Wr Wb, oom Lutfi, salam Kenal niih dari bambang Pudji, di Bekasi Utara, bisa minta tolong dibuatkan pesawat 80 m Band dengan out put 40 Watt, AM dan SSB, e mail ku bambangpuji48@yahoo.com atau HP ku 081286034065, Tks yaah Matur nuwun, Ass Wr Wb

    • OM bambang

      Mohon maaf om saya masih belum bisa memenuhi permintaan anda … Karna masih da kesibukan yg lain

      Trim’s mampir di blog saya
      Salam … Lutfi …. De .. YC3LSB
      Sent from my BlackBerry®

  34. om aq punya yaesu ft 7 B ,tapi ga bisa untuk komunikasi ,kulihat di swr watt nya msh keluar tp teriak teriak ga ada yg denger hhhhh,pdhl monitor bagus,om ?????????????????? aq ga mudeng hhhhh

    • Yd7jcs

      Coba di cek mungkin relay antena dari rx unit ke antena sudah gak bisa bekerja

      Trim’s mampir di blog saya
      Salam … Lutfi …. De .. YC3LSB
      Sent from my BlackBerry®

  35. oom lutfi bekasi utara nya dimana … apakah di pondok ungu permai sektor V nomornya berapa ??… aku butuh banget niih… pengalaman oom luthfi, yg berhub dg transmiiter nya . Tks dari bambang pudji

  36. oom luthfi, saya dulu punya pemancar dengan Final nya 2 SD 68, tetapi skrg entak kemana pesawat itu telah hilang… tolong bisa buatkan skemanya dgn Dgn Final Transmitter nya tsb

  37. Oom lutfhi… saya minta tolong dibuatkan Pemancar 80 m band… atau mungkin ada rekan rekan lain yang bisa bantu saya… untuk nostalgia ???, Tks

  38. Ooom Luthfi… minta toloooong banget…..yaaah …. Tks

  39. Sorry ooom lutfi…. sekalian dengan PCB nya sekalian dimana ada lay out dari komponen2nya…… dgn Final transistor 2 SD 68

  40. rekan2 amatir radio, kalau ada pesawat pemancar 80 m band atau 40 m band atau bisa ke2 nya ( buatan sendiri ) yg udah tidak terpakai lagi atau FT 80 C yg juga tidak terpakai juga, tolong hubungi saya ke 081286034065 atau e mail ke bambangpuji48@yahoo.com, Tks Cheriooooo

  41. saya lagi mencari skema pemancar radio, dgn oscilator 2 sc 372, kmdn buffer 2sc 372, driver 2 sc 1162 dan finalnya 2 sd 68, apakan ada rekan amatir radio ada yang punya, tks

  42. oom luthfi…. apakah ada rekan amatir radio di bekasi utara yang masih aktif mengudara di 80 m band ? dan jagonya membuat persawat pemancar transistor, tolong kasiiih tahu oom lutfi dan lokasinya dimana / deailnya, no HP nya,,,,,, aku udah mulai keranjingan lagi niiih dgn 80 m band

  43. salam kenal pak lutfi dr sy YC2TPJ sy monicnya pak sahlan asnawi parang tritis ygya,apa pernah calling dgn bpk sy? kenangan th 80-90an main di AM…wah galau nih… pingin muncul lagi,sy skrang qth di kudus jateng, salut exprerimennya…

  44. Postingan 80 ini Mengingatkan masalalu ku juga jadinya mas Lutfi

  45. Zulkarnain Husin

    Om Luthfi, skema hand held tranceivernya belum lengkap. Sambungan ke halaman 4041 nya kok gak ada . Kalau bisa tolong ya om dilengkapi karena saya ingin mencobanya. terimakasih

  46. Waah…ternyata masih banyak ya yg rindu 80 meter band.Ayoo hidupin lagi homebrew nya….break…break…break…apa ada yg monitor…????

  47. 20 thn dah lewat kangen lg ama tx 80m coba2 buat lg alhamdulillah jadi dan dah contact2 ama rekan2 luar kota/pulau…tuk rekan2 yg kangen ama 80meteran ayo ramaikan lagi frekwensi ini …skarang merakit tx pake transistor mosfet 1 buah aja sinyal pancar sudah lumayan kuat.

  48. skema ssb …..bos..

  49. sip…sip….sip… saya merasa masuk kelorong waktu 25 thn yang lalu walau cuma dengan komentar bapak2……signal anda kuat sekali, modulasi kenceng bass dan treeble nya juga nampak banget…begitu laporanya …ganti!!

  50. Mas .. Mbah Faqih tetangga sampeyan tukang gawe aki .. yang pada era 90’an juga bermain di 80 m. . apa sudah nggak ada

  51. om saya mau tanya kalo transistor buat final yg cocok buat tx 100 meretan itu tipe apa yg watt nya besar?..
    timakasih….
    heridarsono@gmail.com

  52. wah,.. ternyata masih ada ya 80 MB :D salam kenal ya, jadi ingat tahun2 1990-an. tahun2 itu rame2nya breaker dengan homebrew. salam hangat semuanya . ex YD3OFJ

  53. min ane newbe, mo ikutan

  54. ms lutfi, boleh minta no hp nya? biar tanya jwb lbh enak soal radio. ni no hp ku 081392542707.085875637717 tlg d ksih y.

  55. slmt sore juragan ………….FM SW AM SSB……………..Mohon perkenalan nich ……………

  56. om, sekarang udah ada DDS osc + reciever untuk 3,5-4,5 MHz. Made in Mbah Mangun Jogja

  57. Saya GONDRONG tulung agung’ dulu pernah muncul Di AM , Dan sekarang pengen muncul , tapi posisi Di Lombok, APA bisa ya om?

Tinggalkan Balasan

