eQSO RF GATEWAY

eQSO dikembangkan untuk amatir radio. Ini memungkinkan amatir radio untuk saling terhubung tidak hanya menggunakan media udara, tetapi juga melalui Internet. Sehingga amatir radio dapat menikmati kebebasan berkomunikasi antara amatir radio lainnya melalui frekuensi radio, melalui Internet atau campuran keduanya baik rekan seorganisasi atau rekan dari manca negara.


Penggabungan dari radio dengan internet ini bersama software eQSO maka jadilah jaringan eQSO RF GATEWAY sendiri dirumah. untuk lebih jelasnya dapat dilihat sistim dari blok diagram dibawah ini.

diagramgw

Yang diperlukan dalam pembuatan rf gateway adalah :

1. Harus ada koneksi Internet dimana anda akan membangun sistim rf gateway.
2. Radio transceiver baik UHF atau VHF
3. Interface untuk menghubungkan antara komputer dengan Radio
4. Software eQSO yang telah diinstal di computer

Rangkaian digital interface sederhan untu Rig atau HT

DIGINTERFACE1

Setelah software eQSO di instal yang perlu diperhatikan adalah penyetelan seting ptt pada software, setting volume pada software, radio dan pada interface untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah ini :

eqsoscreen

Setting Software untuk RF GATEWAY ( setelah Klik Rig Keying )

GW1

Radio yang saya pergunakan untuk rf gateway

2ga

Foto Interface yang saya pergunakan

Interface

Download Software eQSO

eqso eQSO by M0ZPD web / download  : www.eqso.org

rorari Download eQSO juga bisa pada web ini : http://eqso.orari.or.id/dl.html

Link tentang eQSO :

Rf Gateway list :  http://www.eqso.org/eqsoinfo/gatewaylist.html

eQSO speedy wiki :  http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/EQSO

Server eQSO

eqso.orari.or.id           port : 10024

eqso-indonesia.net    port : 10024
room   : INDONESIA

Koneksi dengan Repeater UHF YC3ZPA 433.850 MHZ
Server  : 114.57.168.178         Port : 10024
room    : Jawa Timur

BACK

14 responses to “eQSO RF GATEWAY

  1. Weh weh tampilan blogermu kok berubah be lsb, kapan dolan meneh nang omah ?

  2. Met kenal om lutfi ………

  3. mas… q ekar dari semarang
    salam kenal mas sebelumnya…
    mas rencana saya mau bkin eqso buat tugas akhir saya, tapi saya bingung dalam pemilihan radio untuk gatewaynya. saya minta saran dan pendapatnya? maksudnya yang bsa terjangkau harganya… klo bsa balas di e_kar07@yahoo.com. terima kasih..

  4. lam kenal om tolong dibantu lebih rinci data komponen untuk rangkaian interface yg andatampilkan agar saya bs mengadopsinya kebetulan saya rencana menggunakan 2GA juga untuk elco nya 10uF brapa volt? kalaupun ada modif tolong di e-mail ke saya langsung terima kasih sebelumnya smoga dapat membantu saya

  5. saya ada aplikasi eqso-ctmf kalo di conek nonggol tulisan invalit registration kenapa ya?

  6. Salam kenal Om,dibantu sekema interface-nya sama daftar komponen, dan juga foto nyata antara pc-interface dan HT nya.
    bisa di Email di sastro_gntr@yahoo.com

  7. cari sosware iqso orari

  8. BAGAIMANA UNTUK DOWLOAD ORARI ORDIGI. MOHON INFORMASINYA MATUR NUWUN… OM…

  9. Ass. Wr.wb. Maaf Mas ya….. sudah saya coba download di mbah google tapi tidak berhasil juga Mas, kalau bisa saya minta kirim via email saja sofware orari digital-net. tolong kirim ke : yd7fis@yahoo.com
    Terima kasih Mas sebelumnya. Wass.wrwb.

  10. apakah sipengirim dan sipenerima harus sama-sama memiliki jaringan eQSO RF GATEWAY tersebut

  11. Ass. Wr. Wb. mas mohon bantuannya mas.. saya lagi coba buat rf gatewaynya.. mohon penjelasan tentang skemanya jalur yang menuju ke ptt itu kemana ya mas… dimana kita jumpai jalur pttnya di HT.. apa harus dibuka ke jalur board htnya.. terimakasih … mohon info ke email rimuengsa@yahoo.com

  12. cara kerja dari rangkaiannya gimana?

Berikan Balasan

